Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pengertian Penyakit Kista Ginjal

Pengertian Penyakit Kista Ginjal

Pengertian Penyakit Kista Ginjal

Pengertian Penyakit Kista Ginjal - Kista ginjal yaitu kantong berupa bulat atau oval serta diisi cairan yang terjadi didalam ginjal. Keadaan ini beberapa besar dihadapi oleh pria berumur diatas 50 th..

Kista pada ginjal bisa keluar jadi kelainan bawaan dari lahir, umpamanya pada penyakit ginjal polikistik. Separuh pasien penyakit progresif ini alami tidak berhasil ginjal, hingga membutuhkan bersihkan darah atau tranplantasi ginjal pada umur 60 th.. Kista ginjal yang umum berlangsung yaitu kista ginjal simpel. Kista ini adalah kista jinak serta tidak berkembang jadi kanker, dan tidak sering mengakibatkan komplikasi.

Kehadiran kista ginjal bisa terdeteksi lewat tes pemindaian serta biasanya tidak memerlukan penyembuhan. Walau sekian, ukuran kista ginjal simpel bisa jadi bertambah besar sampai 2 x lipat kurun waktu sepuluh th.. Perlakuan kista ginjal simpel mesti dikerjakan jika menyebabkan gejala yang bisa mengganggu peranan ginjal.

Gejala Kista Ginjal


Kista ginjal simpel umumnya tidak menyebabkan tanda atau gejala spesifik. Gejala juga akan keluar saat kista tumbuh cukup besar atau menghimpit organ beda. Beberapa gejala tersebut di antaranya yaitu :


  1. Demam, menggigil, atau gejala infeksi yang lain.
  2. Rasa sakit atau nyeri yang keluar pada punggung, pinggang, atau perut sisi atas.
  3. Seringkali buang air kecil.
  4. Darah dalam urine atau urine berwarna gelap.
  5. Peranan ginjal yang alami penurunan (tidak sering sekali berlangsung).
  6. Selain gejala kista ginjal diatas, ada juga gejala yang lain, terlebih pada penyakit ginjal polikistik, yakni berbentuk :
  7. Desakan darah tinggi (hipertensi).
  8. Perut merasa nyeri atau bengkak.
  9. Nyeri dibagian belakang ginjal karena alami pembengkakan.
  10. Ada protein dalam urine.
  11. Diketemukannya batu ginjal.


Penyebab Kista Ginjal


Berlainan dengan penyakit ginjal polikistik yang dikarenakan oleh aspek keturunan, penyebab kista ginjal simpel masih tetap belum juga dipahami seutuhnya. Tetapi, disangka kantong ginjal ini terjadi saat susunan permukaan ginjal mulai melemah, serta membuat kantong (divertikulum). Kantong itu lalu terisi cairan, lepas serta jadi kista. Keadaan ini biasanya berlangsung bersamaan bertambahnya umur. Pria yang berumur lebih dari 50 th. lebih berisiko untuk terserang kista ginjal simpel.

Diagnosis Kista Ginjal


Selain kontrol fisik, sebagian tes penunjang juga diperlukan dalam mengambil keputusan diagnosis. Tes-tes itu mencakup :


  • Pencitraan. Terlebih dikerjakan untuk mendeteksi ada kista ginjal melaui gambar yang dibuat. Kontrol dapat dikerjakan dengan USG. Tetapi untuk memperoleh gambar ginjal yang lebih mendetail, dokter juga akan mereferensikan pemindaian dengan CT scan serta MRI.
  • Kontrol Darah. Kontrol sampel darah di laboratorium bisa memerlihatkan masalah yang berlangsung pada peranan ginjal keseluruhannya.
  • Kontrol Urine. Pengujian sampel urine dikerjakan untuk lihat ada kandungan darah atau protein didalam urine.

Post a Comment

0 Comments